5 Cara Mengatasi Burnout Ketika Menjalankan Aktivitas WFH

 

Credit Image: okemom.com

INFODEPOK.NET - Bekerja dari rumah alias WFH menjadi hal lumrah bagi para karyawan selama masa pandemi Covid-19 demi mematuhi protokol kesehatan. Berbagai upaya pun dilakukan agar tetap produktif dan mampu mengerjakan tugas seperti biasanya, termasuk cara mengatasi burnout saat bekerja di rumah.

Burnout membuat seseorang seolah kehabisan energi. Dan ketika mereka ingin melakukan kegiatan lain, hal itu terasa lebih berat untuk dilakukan. Tentu saja kondisi seperti ini dapat menyebabkan seseorang menjadi frustasi, terutama dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Lalu, bagaimana mengatasi burnout yang kerap menjadi penyakit pikiran di kalangan para pekerja? Ini dia lima cara yang dapat diterapkan untuk mencegah burnout.

1. Manajemen stres

Penting bagi Anda untuk memiliki keterampilan mengatur stres dan perasaan letih saat bekerja. Bekerja di rumah, bukan berarti Anda menjadi lebih santai. Cobalah mengatur waktu agar Anda bisa mendapat sedikit waktu untuk beristirahat. Manfaatkan untuk bersantai, makan, atau bahkan tidur siang.

2. Mengatur jam kerja

Bekerja di rumah membuat Anda seolah tak memiliki jam kerja. Padahal, jam kerja yang panjang dan tidak menentu justru dapat mengganggu kinerja dan produktivitas. Cobalah untuk menetapkan secara disiplin mengenai jam kerja yang akan Anda terapkan.

3. Laporkan hasil pekerjaan

Budaya kerja perusahaan yang transparan, di mana atasan selalu mengapresiasi usaha karyawan, dan memperhatikan work life balance, akan lebih meningkatkan kesejahteraan karyawan. Pastikan atasan tahu hasil pekerjaan Anda selalu maksimal.

4. Diskusi pekerjaan dengan rekan kerja

WFH membuat Anda tak bebas berdiskusi dengan rekan kerja mengenai masalah pekerjaan. Semua bisa disiasti dengan teknologi, seperti panggilan video, dan meeting online. Diskusi bersama atasan dan rekan kerja dapat menjadi ajang untuk berbagi kritik dan saran terhadap beban kerja.

5. Evaluasi hasil pekerjaan

Selalu evaluasi hasil pekerjaan agar tak terjadi masalah di kemudian hari. Anda mungkin bisa meminta pertemuan dengan atasan atau rekan kerja untuk membenahi masalah pekerjaan.


DR/ID

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Burnout Ketika Menjalankan Aktivitas WFH"