Donor Darah Itu Gratis, Kenapa Saat Membutuhkan Darah Harus Bayar? Ini Penjelasannya


Mengapa Harus Bayar Saat Kita Butuh Darah dari PMI ?
Harga setiap kantung darah yang bisa mencapai Rp 360.000 kadang membuat kita bertanya-tanya, kenapa mahal sekali harga yang harus dikeluarkan untuk membeli satu kantung darah?

Biaya yang kita keluarkan perkantong darah sebenarnya adalah biaya penggantian pemeliharaan darah, supaya kondisinya tetap sama seperti saat berada dalam tubuh kita. Biaya ini yang kita kenal dengan nama "BPPD" atau Biaya Penggantian Pengelolaan Darah.

Ada pengeluaran terkait formulir calon donor, kapas, juga alat untuk mengecek Hb donor, jarum, selang dan kantong yang digunakan untuk proses donor dan menyimpan darah. Selain itu butuh biaya juga untuk memeriksa darah di laboratorium. Ini penting agar benar-benar memberikan darah yang baik dan bermutu. Sebagian BPPD ini disubsidi pemerintah namun memang untuk beberapa kasus masih ada yang dibebankan ke pasien.

Bukan bayar darahnya tapi bayar pengolahan itu. Karena darah yang sudah diambil harus diolah, kita harus cek dulu untuk empat parameter apakah dia terjangkit hepatitis b, hepatitis c, sifilis atau HIV-AIDS. Nah, jangan lagi berpikir PMI memperjualbelikan darah yang didapat secara gratis. Karena ada biaya pengolahan darah di dalamnya sebelum siap dipakai.


Mengapa Kita Perlu Donor Darah ?
Kebutuhan yang besar : Setiap delapan detik, ada satu orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia.

Pemeriksaan kesehatan gratis : Sebelum mendonorkan darah, petugas akan memeriksa suhu tubuh, denyut nadi, tekanan darah dan kadar hemoglobin Anda.

Tidak menyakitkan
Ya Anda memang akan merasa sakit. Namun, rasa sakit itu tidak seberapa dan akan hilang dengan cepat.

Kenapa Ketika Membutuhkan Darah Prosesnya Lama ?
Proses permintaan darah transfusi di Palang Merah Indonesia (PMI) memerlukan proses "Crossmatch" yaitu uji serasi silang antara darah pasien dengan darah donor yang diberikan. Crossmatch ini bertujuan untuk melihat apakah darah pasien sesuai dengan darah donor sehingga tidak ada efek yang merugikan pasien transfusi darah tersebut.Secara keseluruhan darah pendonor baru siap diberikan kepada seseorang itu butuh waktu paling lama sekitar 3 jam

Apa Yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Donor ?
Kita memerlukan tidur yang nyenyak di malam sebelum mendonor, sarapan pagi atau makan siang sebelum mendonor. Banyak minum seperti jus, susu sebelum mendonor. Rileks saat mendonor, dan banyak minum setelah mendonor. Kita bisa melanjutkan kegiatan setelah mendonor, asal hindari aktivitas fisik yang berat.

Bagi masyarakat yang ingin mendonor, bisa langsung mendatangi Markas PMI Kota Depok, di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City (GDC). Jam operasional pukul 08.00 - 20.30 WIB. Tlp. 021-8792 7210 / 0895 2200 7210.

Posting Komentar untuk "Donor Darah Itu Gratis, Kenapa Saat Membutuhkan Darah Harus Bayar? Ini Penjelasannya"