Tangkal Intoleransi Dan Konflik Masyarakat Dengan Kebudayaan


BEJI, INFO DEPOK.NET
Hal tersebut diungkapkan Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Depok, E Manisah Boy, atau yang akrab disapa Baba Entong saat menerima kunjungan dari Intelmob Korbimob Kelapa 2, Ipda Haryadi ps. Kanit 2 subden 3, pada jumat (18/3). 

Kunjungan yang membahas polemik intoleransi serta pencegahan dini konflik di tengah masyarakat khususnya di kota depok tersebut menjadi agenda serius bagi aparat di jajaran Brimob. 

"Dalam budaya atau kebudayaan ada dasar etika di tengah masyarakat untuk saling menghargai dan menghormati orang lain, " Terang Ketua FPK Kota Depok sekaligus Tokoh budaya Betawi, Baba Entong.

Dirinya juga berharap ke depan dapat mensinergikan program pembauran untuk kondusifitas masyarakat di Kota Depok dengan jajaran Brimob. 

"Ini kunjungan yang luar biasa,  semoga ke depan instansi Pemerintah, baik TNI, Kepolisian termasuk Brimob dapat bersinergi dengan komunitas masyarakat dalam menjaga nilai nilai budaya kearifan lokal, " Lanjut Baba.

Sementara Ipda Haryadi mengatakan sebelumnya telah mengagendakan silaturahmi ke beberapa tokoh penting di Kota Depok, diantaranya Ketua PCNU, Ketua lembaga dakwah PCNU serta Ketua takmir masjid Kota Depok. 

"Tujuan silaturahmi ini salah satunya Ikut menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Depok, karena akhir akhir ini banyak sekali pemberitaan terkait dengan intoleransi di kalangan pendidikan, perguruan tinggi serta di tengah masyarakat selain juga Mendukung program pemerjntah dalam hal pencegahan ajaran radikal dan intoleransi, " Jelas Ipda Haryadi.

Dirinya berpesan kepada masyarakat, bahwa budaya dan kearifan lokal telah mengajarkan etika dasar dalam bermasayarakat, Sehingga Haryadi mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya kearifan lokal untuk mewujudkan keutuhan dan kedamaian NKRI yang terbalut dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 

"Pepatah jawa mengatakan bahwa keluarga terdekat adalah tetangga kita, untuk itu dalam membina keamanan awali dari bagaimana kita berbuat baik dan mengenali tetangga dekat kita, sehingga terjalin kerukunan dalam masyarakat, " Tukas Ipda Haryadi. 
Tidak hanya itu, Di era globalisasi dan teknologi ini dia juga menghimbau kepada warga masyarakat untuk bersikap kritis terhadap apa saja baik yang dibaca,dilihat, ditonton dan didengar serta membudidayakan sharing berbagi cerita.

DV/ID

Posting Komentar untuk "Tangkal Intoleransi Dan Konflik Masyarakat Dengan Kebudayaan"