Lagi, Komunitas Jemblung Tebar 1000 Benih Ikan Patin Di Danau Jambore

Komunitas Jemblung
CIMANGGIS, INFODEPOK.NET
Sebanyak 1000 benih ikan patin akan ditebar di situ Baru Bumi Perkemahan Dan Pariwisata (BUPERTA)  atau biasa disebut Rawa Jemblung oleh masyarakat di sana.

Tidak hanya Tebar benih ikan, dalam agenda tersebut juga akan dilakukan penanaman pohon di sekitar Danau yang akan dilaksanakan pada Minggu (16/1).

Agenda tersebut merupakan hasil kerjasama Komunitas Jemblung dan BUPERTA.

"Tujuannya untuk menciptakan kekayaan jenis habitat ikan di danau dan penghijauan beberapa area sisi danau," Terang Faisal, Ketua Komunitas Jemblung.

Faisal menyebutkan bahwa hal tersebut dilakukan secara swadaya dimana benih ikan di beli dari kas Komunitas Jemblung bersama komunitas CRS.

"Kalau Bibit pohon dari Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan," Tambahnya.

Secara garis besar Komunitas Jemblung ternyata memiliki 3 agenda rutin yang kerap dilakukan.

"Yang pertama, agenda kerja bakti mingguan , yang kedua agenda per 3 bulan yakni pelepasan benih ikan dan penghijauan, serta yang ketiga yaitu agenda jangka panjang seperti terus menjaga kelestarian danau ,menjaga ekosistem habitat hewani agar tetap bagus dan sebagainya," Tukasnya.

Ketua Pokja Danau BUPERTA, Entong Rinaldi, mengatakan menyambut baik sinergi dengan Komunitas Jemblung yang dinilai sangat membantu dalam upaya menjaga kelestarian Danau Situ Baru.

"Sangat membantu sekali serta banyak manfaat dan keuntungan khususnya buat Buperta dan umumnya di seputar Harjamukti," Tukasnya.

Dalam agenda sinergi tersebut dikatakan bahwa pihak BUPERTA juga berkontribusi memberikan bantuan peralatan kerja dan
memberikan ruang gerak Komunitas Jemblung untuk berkreasi di seputar danau.

"Serta tentunya memberikan dukungan kepada komunitas peduli danau," Tutupnya.


DV/ID

Posting Komentar untuk "Lagi, Komunitas Jemblung Tebar 1000 Benih Ikan Patin Di Danau Jambore"