Jumlah Kasus Omicron di Depok: Bukan 6 tapi 4, Semua Pasien Sudah Terisolasi, Insyaallah Aman

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengumumkan, saat ini virus Corona atau Covid-19 varian Omicron telah masuk di Kota Depok. Terdapat empat orang warga yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19 dengan varian tersebut.

Mohammad Idris mengatakan, sebagian besar dari mereka yang terkonfirmasi varian Omicron baru saja pulang dari luar negeri dan menjalani isolasi terpusat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

"Saya minta semua instruksi atas arahan menteri, semua yang omicron jenisnya diisolasi di wisma atlet. Jadi, tidak ada ke daerah," jelasnya kepada berita.depok.go.id, usai menjadi pembina apel pagi di lapangan upacara Balai Kota, Senin (10/01/22).

Dirinya juga meminta lurah dan camat untuk mengajak warganya bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terkait pelaksanaan tracing atau pelacakan Covid-19. Terutama, kepada mereka yang kontak erat dengan pasien Covid-19 varian Omicron. 

"Pak lurah dan pak camat tolong ingatkan warganya agar mau bekerja sama dengan kita. Sering kali warga tidak mau bekerja sama dengan kita saat diminta KTP dan KK-nya. Tolong ini dilakukan tindakan tegas oleh teman-teman Dinkes ketika melakukan tracing terhadap kontak erat dari kasus Covid-19 omicron," tandasnya.

Lebih lanjut, Idris menyampaikan alasan tidak menerapkan lockdown setelah adanya empat warga Depok yang terpapar COVID-19 varian Omicron. Idris mengatakan warga Depok yang terpapar Omicron sudah terisolasi.

"Oh tidak (tidak melakukan lockdown). Alhamdulillah bahwa semua kasus Omicron yang warga Depok yang 'ber-KTP Depok' itu sudah terisolasi, bisa dibilang aman," imbuh Idris.

"Jadi aman insyaallah dan mudah-mudahan tidak ada kasus baru dan kita sudah antisipasi dengan surat edaran kepada warga dan masyarakat tetap waspada, jaga kesehatan minimal pakai masker," tambahnya.

Sebelumnya, Idris mengklarifikasi terkait ucapannya yang mengatakan sebanyak enam warga Depok terpapar COVID-19 varian Omicron. Idris menyampaikan bukan enam, melainkan empat warga Depok yang terpapar COVID-19 varian Omicron.

"Perlu saya klarifikasi bahwa sebelumnya saya dapat informasi ada dua, ternyata yang dua informasi itu yang saya sampaikan juga pada saat apel dan ternyata kasus yang sama," kata Idris dalam video klarifikasinya, Senin, (10/1).

Posting Komentar untuk "Jumlah Kasus Omicron di Depok: Bukan 6 tapi 4, Semua Pasien Sudah Terisolasi, Insyaallah Aman"