Ganjil Genap Jalan Margonda Diuji Coba 4-5 Desember, Masyarakat Diminta Dukung Program Gage

Polres Metro Depok akan melakukan uji coba penerapan ganjil-genap (Gage) pada Sabtu dan Minggu, 4-5 Desember 2021. Penerapan akan dilakukan di Jalan Margonda Raya, Kota Depok.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Metro Depok, Kompol Jhoni Eka Putra menjelaskan, uji coba yang akan digelar merupakan salah satu tahapan kajian lapangan yang dilakukan bersama stakeholder terkait. Uji coba Gage akan dilakukan di Jalan Margonda mulai dari Simpang Ramanda hingga Flyover Universitas Indonesia (UI).

 “Pada Sabtu dan Minggu akan mulai pukul  12.00 WIB hingga 18.00 WIB. Gage akan dilakukan hanya pada akhir pekan, karena memang kondisi macet kerap terjadi. Ini salah satu solusi untuk mengurangi  volume kendaraan, katanya kepada berita.depok.go.id, Rabu (24/11/21).

 Kompol Jhoni Eka Putra, menjelaskan Gage hanya diberlakukan kepada kendaraan roda empat. Namun tidak berlaku pada kendaraan khusus seperti ambulans ataupun dengan kondisi darurat lainnya. Lalu bagi pengendara motor dan angkutan umum juga tidak dikenakan aturan Gage ini.

“Karena masih uji coba, sifatnya hanya sosialisasi, belum ada penindakan. Sosialisasi kami terus lakukan, baik secara langsung dan daring," ungkapnya.

Dikatakannya, puluhan personel akan disiagakan dalam uji coba Gage. Mereka gabungan dari Polres Metro Depok, TNI, Dishub dan Satpol PP Kota Depok.

“Jadi ingat untuk tanggal ganjil pakai kendaraan ganjil, tanggal genap pake kendaraan dengan nomor genap. Jika nanti lancar minggu selanjutnya akan kembali digelar dan sudah ada penindakan,” tambahnya.

Ia pun mengajak masyarakat untuk mendukung penerapan Gage, sehingga permasalahan kemacetan di Kota Depok dapat terurai. Dalam tahap sosialisasi, pihaknya ingin melihat penerapan Gage di lapangan, kemudian dilakukan analisa dan evaluasi untuk melihat Gage apakah dapat mengurai kemacetan di daerah Margonda Raya.

“Kami mengajak masyarakat untuk mendukung karena ini merupakan salah satu terobosan ataupun langkah kita dalam mengurangi kemacetan di Depok. Karena jalan di sana tidak terlalu lebar, sementara mobilitas kendaraan cukup tinggi,” tutupnya

Posting Komentar untuk "Ganjil Genap Jalan Margonda Diuji Coba 4-5 Desember, Masyarakat Diminta Dukung Program Gage"