Manfaat Kelapa Ijo Yang Baik Untuk Tubuh

INFODEPOK.NET - Beruntunglah bagi orang Indonesia yang ingin merasakan manfaat air kelapa hijau. Selain mudah dicari, harga buah tropis ini juga tidak terlalu menguras dompet. Tidak hanya menyegarkan dan lezat rasanya, air kelapa hijau juga dilengkapi banyak nutrisi, yang manfaatnya bisa berdampak baik pada tubuh.

Source: diadona.id


Buah kelapa membutuhkan 12 bulan untuk matang seutuhnya. Namun, buah yang pohonnya tinggi ini, sebenarnya bisa dikonsumsi setelah berusia 7 bulan. Warna hijau pada kelapa menunjukkan kalau buahnya belum “dewasa”. Oleh karena itu, ketika dibelah dua, Anda tidak melihat banyak daging yang menempel pada dinding tempurung dalamnya.

Akan tetapi, Anda tetap dapat menikmati manfaat air kelapa hijau sudah siap dirasakan, yang memberikan dampak baik pada tubuh Anda. Beberapa manfaat air kelapa hijau meliputi:

1. Dilengkapi antioksidan

Radikal bebas merupakan molekul tak stabil yang tumbuh dalam sel, saat metabolisme terjadi. Produksinya akan bertambah jika Anda mengalami cedera atau stres. Ketika Anda “diselimuti” radikal bebas, tubuh akan masuk ke dalam kondisi stres oksidatif. Manfaat air kelapa hijau bisa menangkalnya. Sebuah penelitian pada hewan yang telah terpapar racun, menunjukkan manfaat air kelapa hijau dalam “menjinakkan” radikal bebas dengan antioksidannya.

Satu penelitian lainnya memperlihatkan, tikus yang mengalami kerusakan hati, bisa disembuhkan ketika mengonsumsi air kelapa hijau. Manfaat air kelapa hijau juga bisa menurunkan aktivitas radikal bebas, tekanan darah, trigliserida dan kadar insulin. Sejauh ini, belum ada studi yang memperlihatkan aktivitas antioksidan air kelapa hijau pada manusia.

2. Menurunkan kadar gula darah

Selain memiliki antioksidan, penelitian pada hewan selanjutnya membuktikan kalau manfaat air kelapa hijau bisa menurunkan kadar gula darah. Penelitian lainnya memperlihatkan tikus dapat menjaga kestabilan kadar gula darahnya, setelah mendapat asupan air kelapa hijau.

Dengan kandungan serat 3 gram dan karbohidrat 6 gram setiap cangkirnya (240 ml), air kelapa hijau bisa masuk ke dalam menu makanan orang-orang penderita diabetes. Air kelapa hijau juga merupakan sumber magnesium, yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah pada pengidap diabetes tipe 2.

3. Mencegah batu ginjal

Air mineral selalu jadi pilihan tepat untuk mencegah batu ginjal. Walau demikian, ada penelitian yang berkata lain. Manfaat air kelapa hijau disebut bisa “mengemban tugas” jauh lebih baik dalam mencegah batu ginjal dibandingkan air mineral. Perlu diketahui, batu ginjal terbentuk saat kalsium, oksalat dan senyawa lainnya bergabung membentuk kristal dalam air seni. Kemudian, kristal itu bisa berubah menjadi batu.

Penelitian pada tikus yang mengidap batu ginjal membuktikan, manfaat air kelapa hijau bisa mencegah kristal menempel pada ginjal. Para peneliti percaya bahwa air kelapa hijau membantu mengurangi produksi radikal bebas yang muncul, karena tingginya kadar oksalat dalam air seni. Ini merupakan penelitian pertama yang fokus pada efek manfaat air kelapa hijau untuk mencegah batu ginjal. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

4. Membantu rehidrasi

Karena dilengkapi kalsium, kalium, magnesium, natrium dan fosfor, peneliti percaya bahwa air kelapa hijau bisa membantu rehidrasi. Dibandingkan meminum minuman berenergi yang penuh dengan gula, ada baiknya Anda mengonsumsi air kelapa hijau setelah melakukan olahraga. Selain rendah kolesterol dan gula, air kelapa hijau juga lezat serta mampu melepaskan dahaga.

5. Sumber nutrisi

Air kelapa hijau terbentuk secara alami di dalam tempurungnya, dan mengandung 94% air serta sedikit lemak. Sekitar 1 cangkirnya (240 ml) bisa mengandung berbagai nutrisi penting.

MR/ID





Posting Komentar untuk "Manfaat Kelapa Ijo Yang Baik Untuk Tubuh"