Aquaponik, Memanfaatkan Pekarangan Rumah Bangun Pertanian di Perkotaan

Gambar: 99.co

Semakin sempitnya lahan di perkotaan, maka memanfaatkan pekarangan rumah merupakan salah satu opsi untuk mendukung pembangunan pertanian di perkotaan. Adapun cara memanfaatkan pekarangan rumah salah satunya dengan metode aquaponik.

Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Pertanian @kementerianpertanian, aquaponik merupakan salah satu alternatif yang mampu mengefektifkan budidaya tanaman dan ikan dalam satu waktu pada tempat yang sama.

“Halo SobaTani! MinTani mau membagikan informasi terkait Aquaponik nih. Untuk kamu yang ingin membudiyakan ikan sekaligus tanaman atau sayuran, aquaponik bisa dijadikan sebagai alternatif yang tepat. Apakah kamu tertarik menggunakan sistem ini?,” tulis akun Instagram Kementerian Pertanian, Sabtu (10/7/2021).

Lebih lanjut, Kementerian Pertanian menjelaskan, aquaponik sangat menguntungkan bila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari sistem aquaponik:

1. Bisa menghasilkan dua unit produksi sekaligus, yakni ikan dan sayuran.

2. Tanaman organik yang ditanam bisa 10 kali lipat lebih banyak.

3. Memiliki perawatan yang terbilang mudah, terhindar dari hama tanah, tidak perlu penyiraman, serta tidak memerlukan penyiangan.

4. Kotoran ikan dimanfaatkan sebagai sumber pupuk organik bagi tanaman.

Posting Komentar untuk "Aquaponik, Memanfaatkan Pekarangan Rumah Bangun Pertanian di Perkotaan"