15 Manfaat Susu Kedelai Untuk Tubuh

Manfaat susu kedelai bagi antara lain menurunkan kolesterol dan berat badan dan meningkatkan kesuburan, serta baik untuk ibu hamil. Namun, ada efek samping susu kedelai yang perlu diperhatikan.

Source: sajiansedap.grid.id


Manfaat susu kedelai memang sangat beragam bagi kesehatan, termasuk bagi ibu hamil dan menyusui. Bagi orang yang memiliki alergi susu sapi atau penganut pola makan tanpa daging dan produk olahan alias vegan, mereka memilih minuman kacang kedelai sebagai alternatif sumber nutrisi. Susu kedelai pada dasarnya adalah kacang kedelai yang direbus, dihancurkan, kemudian dilarutkan dengan air. Satu gelas susu kedelai (tanpa pemanis) mengandung 80-100 kalori, 4 gram karbohidrat, 4 gram lemak, dan 7 gram protein.

Dibanding susu sapi, susu kedelai tidak mengandung kolesterol, rendah lemak jenuh, serta tidak mengandung laktosa. Hal ini membuat manfaat susu soya ini dapat dirasakan oleh siapa saja, terutama bagi penderita tekanan darah tinggi.

Manfaat susu kedelai

Kedelai sendiri mengandung serat prebiotik dan beberapa fitokimia (senyawa kimia yang terdapat pada tumbuhan), seperti plant sterols dan isoflavon yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Kandungan fitokimia ini membuat manfaat susu kedelai mirip dengan manfaat kedelai itu sendiri, antara lain sebagai berikut:

1. Menurunkan kolesterol

Manfaat susu kedelai yang pertama adalah dipercaya menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang terkandung dalam darah sekaligus menaikkan kadar kolesterol baik (HDL). Efek ini dipengaruhi oleh kandungan serat yang terdapat pada kedelai.

2. Meningkatkan kesuburan

Mengonsumsi berbagai produk yang terbuat dari kedelai, termasuk susu kedelai, dipercaya dapat meningkatkan kesuburan bagi wanita. Inilah sebabnya wanita sering disarankan untuk mengonsumsi susu kedelai sebelum menikah atau ketika sedang menjalani program hamil agar cepat mengandung.

Manfaat susu kedelai yang satu ini berhubungan dengan kandungan fitokimia yang mampu menangkal efek negatif dari BPA, zat kimia pada plastik yang dapat mengurangi kesuburan pada wanita.

Studi menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi kedelai sebelum menjalani prosedur inseminasi (teknik memasukkan sperma ke dalam rahim) lebih berpeluang sukses dibanding wanita yang tidak mengonsumsi kedelai.

3. Mengurangi gejala menopause

Ketika wanita memasuki masa menopause, kadar estrogen dalam tubuh akan berkurang sehingga menimbulkan gejala seperti kegerahan (hot flashes) dan wajah memerah. Untuk mencegah hal ini, Anda dapat mengonsumsi susu kedelai yang memiliki kandungan isoflavon, salah satu jenis fitoestrogen yang terdapat pada tumbuhan dan bisa menjadi penambah estrogen pada wanita, meski sifatnya lemah.

Berdasarkan sebuah studi, wanita yang mengonsumsi kedelai setidaknya 12 minggu lebih jarang mengalami kegerahan sebelum menopause dibanding wanita yang tidak mengonsumsi kedelai. Sebagian lainnya mengaku tetap merasa kegerahan, hanya saja tidak separah wanita pramenopause pada umumnya.

4. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dalam susu kedelai berpotensi mencegah kanker jenis tertentu. Hasil penelitian ini mematahkan anggapan yang mengatakan kandungan fitoestrogen dalam kedelai justru dapat merangsang munculnya kanker payudara.

Faktanya, antioksidan ini justru terbukti berfungsi untuk menurunkan risiko wanita terkena kanker payudara, terutama pada masa pramenopause maupun menopause. Meski demikian, kedua klaim ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

5. Memaksimalkan fungsi sel darah merah

Susu kedelai mengandung 1,1 mg zat besi yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan 8-18 mg zat besi dalam satu hari. Zat besi dapat membuat sel darah merah mampu melakukan tugasnya untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh dengan lebih lancar.

6. Menyehatkan sistem saraf

Manfaat susu kedelai yang satu ini berhubungan dengan kandungan vitamin B-kompleks. Satu gelas susu kedelai mengandung 3 mcg vitamin B12 atau lebih dari jumlah kebutuhan harian yang hanya 2,4 mcg.

7. Menurunkan berat badan

Susu kedelai memiliki kandungan serat yang tinggi. Tidak heran jikalau manfaat susu kedelai dianggap bisa menurunkan berat badan serta menjaga kestabilan tekanan darah. Ditambah lagi jika Anda teratur mengikuti pola diet sehat. Tentunya, manfaat susu kedelai yang satu ini akan terasa lebih efektif!

8. Menyehatkan jantung

Selain dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol di tubuh, manfaat kacang kedelai ternyata juga dianggap bisa menyehatkan jantung. Sebab, susu kedelai bisa meningkatkan kadar lipid plasma manusia dan mengurangi risiko penyakit jantung di kemudian hari. Ditambah lagi, susu kedelai juga diperkaya dengan vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh ganda yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

9. Menyehatkan kulit

Dipercaya, mengonsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari kedelai, dapat mencegah datangnya berbagai macam penyakit kulit. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa kedelai mengandung senyawa yang bisa menghambat penuaan dini.

10. Menyuburkan rambut

Manfaat susu kedelai, ketika dikonsumsi bersamaan dengan makanan berprotein tinggi, dipercaya berdampak baik untuk rambut. Sebab, kedelai dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut.

11. Bernutrisi tinggi

Manfaat minum susu kedelai yang tak boleh dilupakan ialah kandungan nutrisinya. Perlu diketahui, susu kedelai adalah sumber kalium yang sangat melimpah.

Tidak hanya itu, kandungan protein susu kedelai juga tak kalah banyak dari susu sapi. Ditambah lagi, susu kedelai rendah kalori dan lemak jenuh.

12. Membantu atasi gejala osteoporosis

Menurut sebuah riset, manfaat susu kedelai dipercaya ampuh untuk mengatasi gejala osteoporosis pada wanita yang sudah berada di fase menopause. Perlu diketahui, risiko wanita menopause terhadap osteoporosis cukup tinggi. Manfaat susu kedelai untuk meredakan gejala osteoporosis ini dipercaya ampuh karena beberapa produk susu kedelai sudah diperkaya dengan kalsium.

13. Mendukung masa pemulihan setelah olahraga

Setelah olahraga, tubuh akan kehilangan lemak dan juga kalori. Maka dari itu, tubuh harus menjalani masa pemulihan. Manfaat sari kedelai selanjutnya ialah mendukung masa pemulihan tubuh setelah olahraga. Susu kedelai juga menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang vegan dan mengidap intoleransi laktosa. Sebab, kandungan riboflavin milik susu kedelai dapat membantu tubuh untuk mengembalikan energi setelah berolahraga.

14. Berpotensi meningkatkan suasana hati

Khasiat susu kedelai yang jarang diketahui orang ialah meningkatkan suasana hati. Sebab, susu kedelai mengandung vitamin B6 dan vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk suasana hati Anda. Selain itu, susu kedelai juga mengandung magnesium yang dipercaya bisa membantu tubuh melepas hormon serotonin untuk mengatasi depresi pada pikiran.

15. Membantu kontrol obesitas

Ternyata, manfaat susu kedelai juga dipercaya bisa membantu mengontrol obesitas. Sebab, susu kedelai mengandung isoflavon yang dipercaya bisa mencegah obesitas metabolik pada pria. Tidak hanya itu, manfaat susu kedelai juga dianggap mampu mengurangi lingkar pinggang pada pasien obesitas dan kelebihan berat badan.

 

Posting Komentar untuk "15 Manfaat Susu Kedelai Untuk Tubuh"