Jangan Nekat Mudik! Siap-siap Ditindak Tegas Diputarbalikkan di Pos Penyekatan

Foto ilustrasi (sumber : Istimewa)
Petugas kepolisian bakal memutarbalikkan kendaraan yang masih nekat melakukan mudik Idul Fitri 1441 H atau Lebaran 2021 mendatang di beberapa titik perbatasan dan pos penyekatan.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah menyiapkan 333 titik penyekatan yang tersebar di sepanjang wilayah Bali hingga Lampung.

“(Mekanisme putarbalik) Iya sama (seperti tahun lalu), jadi nanti disekat-sekat. Yang melintas diperiksa, diputarbalikkan,” kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksawan, Selasa (6/4/2021).

Ia menjelaskan, titik-titik check point yang disiapkan oleh aparat kepolisian akan tersebar di beberapa perbatasan wilayah antara Kota dengan Kabupaten. Kemudian juga, terdapat titik penyekatan di jalan arteri atau pun jalan tol.

Nantinya, semua kendaraan akan diputarbalikkan apabila kedapatan oleh petugas. Mereka yang dipersilahkan melintas hanyalah yang memiliki surat tugas atau pun dalam keadaan terdesak.

“Yang boleh jalan itu adalah orang yang dalam keadaan dinas, mendesak, ada surat tugasnya. Kalau dia mungkin orang tuanya sakit keras, atau mau melayat itu ada surat keterangan dari lurah bisa itu,” jelasnya.

Namun demikian, Rudy tak dapat merincikan lebih lanjut mengenai titik-titik persis lokasi penyekatan yang dipersiapkan nantinya.

Dia hanya memastikan bahwa lokasi penyekatan akan dapat menahan laju arus mudik Idul Fitri 2021 karena mayoritas jalur yang dilewati pemudik akan disekat.

“Dari Lampung sampai Bali saya nggak bisa nyebutin satu-satu, pokoknya tiap antarkota antarkabupaten ada pos sekat. Jadi dari Sumatera mau ke Jawa gak bisa, Jawa Sumatera nggak bisa. Dari Jakarta mau ke Jawa, juga nggak bisa,” tandasnya.

Posting Komentar untuk "Jangan Nekat Mudik! Siap-siap Ditindak Tegas Diputarbalikkan di Pos Penyekatan"