Komunitas Jaga Setu Rawa Kalong Tebar Benih Ikan Setiap Minggu

Minggu, 21 Maret 2021. Cara melestarikan Setu Rawa Kalong ala Komunitas Jaga Situ Rawa Kalong (Jarak) dalam turut berperan aktif terjaganya keasrian, keindahan, dan kelestarian ekosistem Setu. Pada Minggu pagi komunitas tersebut melakukan aksi pelepasan benih ikan lele 30kg.

Lilik dari Komunitas Jaga Situ Rawa Kalong, "Kegiatan tersebut sudah berjalan selama 4 bulan dilakukan setiap hari Minggu total 459kg ikan benih yang sudah di lepas, Aksi pelepasan ikan merupakan hasil dana swadaya donasi komunitas Situ tersebut" katanya.

Seiring berjalannya waktu karena jumlah ikan bertambah para pemancing Situ Rawa Kalong ikut membantu donasi suka rela mingguan untuk pembelian benih ikan. "Alhamdulillah sekarang banyak para pemancing yang ikut serta donasi mingguan untuk membantu menambah operasional pembelian benih ikan", tambah Lilik.

Situ Rawa Kalong yang terletak di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis ini baru saja di Revitalisasi.

Kini Kondisi Setu ini semakin membaik yang awalnya penuh dengan sampah setelah terlihat kurang terawat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat didukung Pemerintah Kota Depok telah melakukan revitalisasi perbaikan kawasan situ tersebut untuk tujuan wisata.

Situ Rawa Kalong menjadi tempat favorit memancing warga sekitar, terlihat jelas banyak warga yang memancing apalagi saat hari Minggu. Bukan hanya memancing di lokasi pinggiran Setu tersebut tersedia fasilitas jogging track.

Dalam situasi Covid-19 para pemancing diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan.

Diinfokan bahwa di Setu Rawa Kalong masih ada ikan monster adalah ikan patin besar yang beratnya diperkirakan mencapai 50 kg, "pernah melihat cupakan ikan besar yang naik ke permukaan, juga ikan patin besar tertangkap 29kg," tutur Kirno dan Lilik perwakilan Komunitas Jaga Setu Rawa Kalong.

Posting Komentar untuk "Komunitas Jaga Setu Rawa Kalong Tebar Benih Ikan Setiap Minggu"