Sudah Siap Vaksin Covid 19?

Tidak terasa sudah satu tahun virus covid-19 menyebar di wilayah Indonesia. Jumlah yang terinfeksi pun saat ini sudah jutaan orang dan telah menelan kematian ribuan manusia.

Tidak hanya itu, pandemi covid 19 juga membawa dampak krisis ekonomi di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia. Banyak perusahaan gulung tikar yang berimbas pemutus hubungan tenaga kerja (PHK). 

Namun baru-baru ini, masyarakat Indonesia bisa bernapas lega. Karena Presiden Jokowi baru saja melakukan import vaksin covid 19. Yang mana vaksin tersebut di harapkan dapat membasmi virus covid 19, membuat daya imun tubuh seseorang menjadi lebih kuat, dan dapat memutus rantai persebaran virus covid 19. 

Saat ini, pelaksanaan vaksin Covid-19 di Indonesia terus berkembang mengikuti update kemajuan ilmu pengetahuan dan uji klinis mengenai vaksin itu sendiri. Tidak heran beberapa kriteria mengenai orang yang boleh dan tidak boleh diberikan vaksin dapat berubah seiring dengan waktu.

Menurut keterangan dokter Adam Prabata, ketersediaan stok vaksin Covid 19 yang terbatas, saat ini orang atau pihak yang bisa mendapatkan vaksin Covid-19 berada di rentang usia minimal 18 tahun dan lansia sudah boleh diberikan vaksin Covid-19, kecuali memiliki 3 dari 5 poin berikut ini yang tidak boleh menerima vaksin Covid-19:
1. Kesulitan untuk naik 10 anak tangga
2. Sering merasa kelelahan
3. Memiliki 5 atau lebih dari 11 penyakit (hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke, dan penyakit ginjal)
4. Kesulitan berjalan kira-kira 100-200 meter
5. Mengalam penurunan berat badan dalam satu tahun terakhir.
 
Selain tenaga kesehatan dan lansia, siapa sajakah yang perlu di prioritaskan untuk menjadi penerima vaksin Covid 19? Ini dia list urutannya:
1. Pekerja layanan kesehatan
2. Lansia
3. Orang dengan kormobid yang berisiko meningkat derajat keparahan dan angka kematian
4. Kelompok orang yang berisiko tinggi terpapar Covid 19
5. Tenaga pendidik
6. Pekerja sektor esensial
7. dll

Hasil uji klinis di Brazil, menghasilkan respon jika vaksin sinovac aman dan mampu memunculkan antibodi terhadap Covid 19 melalui uji klinis fase 1&2.

Hayooo.. Sudah siap belum nih untuk di vaksin Covid-19? 

(SLI)