Hal yang Perlu Dilakukan Saat Stress Menurut WHO


Image Credit: Hellosehat.com

Stress berarti merasa tertekan atau terancam dalam hidup. Semua orang pernah merasakan stres. Dalam jumlah kecil, stres tidak menjadi masalah. Namun, stres yang sangat berat seringkali berdampak pada tubuh. Banyak orang merasa tidak nyaman contohnya, ada orang yang mengalami penyakit di badan, ruam kulit, infeksi, sakit, atau masalah pencernaan.

Dan banyak dari kita memikirkan berbagai hal buruk dari masa lalu atau hal buruk yang kita takutkan di masa depan. Pikiran dan perasaan yang kuat ini adalah terjadi alami saat stres.

Namun, bisa menjadi masalah jika kita "terpancing" atau tergantung oleh pikiran dan perasaan tersebut. Saat kita terpancing, perilaku kita berubah. Sering kali tindakan kita memperburuk kehidupan kita.

Jadi, apa yang bisa kita lakukan? Menurut WHO beberapa yang harus dilakukan saat stress berikut ini.

Grounding

Grounding adalah proses yang membantu tubuh fisik Anda untuk terhubung ke kehidupan yang mempertahankan energi bumi melalui chakra akarnya. Karena kita adalah makhluk spiritual pertama dan terutama, tubuh fisik kadang-kadang diabaikan. Cara bagaimana kita bisa menyeimbangkan diri secara fisik, emosional, mental, dan energi.

Coba kalian perhatikan, apa yang bisa kalian lihat, dengar, sentuh, kecap, dan cium? Perhatikan dengan cermat apa yang ada di depanmu sekarang.

Melepaskan Diri

Perasaan terjebak secara emosional membuat kita mencapai titik di mana tidak ada yang masuk akal bagi kita. Itu bisa dipicu dari segala macam hal dan itu menjadi sangat menantang untuk diatasi.

Tiga Langkah yang bisa kamu lakukan untuk melepaskan diri.

1. Kamu harus bisa merasakan dan menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak baik yang sedang memancing perasaan dan pikiranmu.

2. Kemudian, coba kamu namai perasaan atau pikiran sulit itu, misalnya:

“ini perasaan marah”

“ini pikiran sulit tentang masa lalu”

“saya merasa takut akan masa depan”

3. Setelah itu, fokus Kembali kepada apa yang kamu kerjain. Coba perhatikan orang-orang sekitarmu dan kegiatanmu.

Bertindak Sesuai Norma-norma

Manusia memiliki dua kedudukan, yaitu sebagai makhluk individu yang bersifat otonom dan makhluk sosial. Sudah merupakan kelaziman bahwa dalam suatu masyarakat ada aturan yang berlaku. Sebagai makhluk sosial, manusia dituntut untuk dapat mengikuti aturan atau norma dalam berkehidupan di masyarakat. Secara umum, norma berperan sebagai aturan atau batasan yang wajib ditaati oleh semua anggota masyarakat.

Pada hakekatnya, norma merupakan kaedah hidup yang memengaruhi tingkah laku manusia dalam hidup bermasyarakat. Norma terdiri atas empat dasar, yaitu norma kesusilaan, norma kesopanan, norma agama, dan norma hukum.

Berbuat Baik

Lepaskan diri dari pikiran-pikiran tidak baik dengan cara merasakan dan menamainya. Kemudia, ucapkan kata-kata baik tersebut kepada dirimu sendiri.

Jika kamu baik kepada diri sendiri, maka kamu akan mempunyai energi lebih untuk menolong orang lain dan memiliki motivasi lebih untuk berbuat baik kepada orang lain, sehingga semua orang saling mendapatkan manfaatnya.

Kamu juga bisa mengangkat satu tangan dan membayangkan tanganmu terisi kebaikan. Tempatkan tanganmu ke bagian tubuh yang kamu rasa sakit. Rasakan kehangatan mengalir dari tanganmu ke dalam tubuhmu. Coba apakah kamu bisa berbuat baik kepada dirimu sendiri melalui tangan.

Memberi Ruang

Bagi sebagian orang, justru ungkapan “Sendiri lebih baik” akan lebih terasa bijak, cool, dan dewasa. Beberapa hal berikut yang perlu kamu ketahui mengapa memberi ruang untuk diri sendiri itu penting.

1. Rasakan perasaan atau pikiran sulit dengan cermat. Coba fokus kedua hal tersebut. Bayangkan perasaan atau pikiran tersebut menjadi sebuah benda, dan perhatikan ukuran, bentuk, warna, dan suhunya.

2. Namai perasaan atau pikiran sulit tersebut.

3. Biarkan rasa atau pikiran menyakitkan itu dating dan pergi seperti cuaca. Jangan lawan perasaan atau pikiran tersebut. Jika kamu tidak melawan, kamu akan punya lebih banyak waktu dan energi untuk menghidupi dunia di sekitarmu dan kamu dapat melanjutkan kegiatan yang menurutmu penting.

Posting Komentar untuk "Hal yang Perlu Dilakukan Saat Stress Menurut WHO"